Senin, 25 Mei 2009

My Holiday ; Balikpapan... Samarinda

Tidak pernah tersirat dalam pikiranku klo akhirnya aku bisa juga datang dan berkunjung ke Kalimantan Timur. Wow...!! sebuah kota yang bersih. Ini ceritaku...

Sepinggan, Bandar Udara Balikpapan... aku menginjakkan kakiku untuk pertama kalinya. Assalamualaikum Balikpapan...
Karena undangan seorang teman lama yang sudah mengenalku satu setengah tahun lalu, dan dia sudah menganggapku seorang adik manisnya... maka aku menerima undangannya untuk datang ke Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan kota yang bersih yang mendapat penghargaan kota terbersih se Kalimantan.

Tiba di Balikpapan aku disambut dengan udara yang cukup panas (nga beda jauh sih panasnya dengan kotaku), mungkin panasnya hampir sama dengan Pekan Baru, panasnya udara tambang minyak dan batu bara... Aku sempat makan siang yang tertunda di Rumah Makan Pasundan nga jauh dari Bandara, ternyata di Kaltim pun ada ya masakan sunda....?
Usai makan, aku diajak jalan2 di kota Balikpapan... menikmati kebersihan kota itu. Dan.... Balikpapan di malam hari... lumayan ramai nga jauh beda dengan kotaku, walau sedikit ada ketenangan suasana yang aku rasakan. Udara malam hari di Balikpapan lumayan sejuk, itu dikarenakan pinggiran Mall dan hotel tempat aku menginap dekat laut, sehingga udara terasa sejuk, ditambah lagi malam itu hujan turun membasahi kota Balikpapan walau tidak deras, jadi semakin terasa kesejukannya.

Selama di kota Balikpapan, aku hanya jalan2 saja mengenal kota Balikpapan di malam dan siang hari, aku juga sempat berkunjung ke Samarinda, kota yang letaknya lumayan jauh yang harus ditempuh dengan perjalanan selama 2 jam dari kota Balikpapan.
Sepanjang jalan menuju kota Samarinda... aku masih menikmati udara yang asri dan sejuk, dimana sepanjang jalan masih di kelilingi hutan, saat melewati Bukit Soeharto yang begitu luasnya... perjalanan terasa nyaman, sayangnya saat ini di Bukit Soeharto tidak lagi ku lihat ada tanaman kayu Jati atau Ulin, yang ada sepanjang jalan Bukit Soeharto tertanam pohon Akasia.
Tapi walau begitu tidak mengurangi ke asri-annya dan aku masih asyik menikmati pemandangan yang ada. Aku sempat mampir di RM - Tahu Sumedang, senangnya aku karena di tengah perjalanan yang separuh hutan ini ternyata ada juga RM yang menyajikan aneka gorengan, ada Tahu Sumedang, Pisang Goreng, Nanas Goreng, Ketan bakar, Arem2, Bakwan Jagung, dll. Wah... aku jadi ngeborong makanan nih... semua pingin aku cicipi dan aku beli deh.
Hmmm... yummy... ternyata enak semua... Nanas gorengnya juga enak banget, manis... dan rasanya khas banget... Duh... senangnya aku jalan ke kota Samarinda karena aku masih bisa menikmati makanan tradisional yang orang umum sudah mengenalnya dan merasakan kenikmatannya.

Sepanjang jalan ku nikmati makanan yang tadi aku beli, dan tanpa terasa kota Samarinda telah aku masuki... aku melihat luasnya sungai Mahakam, jembatan yang panjang dan Islamic Centre.
Samarinda mendapat sebutan Kota tepian sungai Mahakam, karena memang kotanya berada di tepian sungai Mahakam yang luas dan cukup bagus dipandang.

Di kota Samarinda, selain aku ingin mengenal kota tersebut, aku juga sempat jalan2 ke Citra dan membeli barang2 khas Samarinda, seperti pernak pernik dari batu, perak, juga kain songket. Lumayan bagus2 barangnya....tapi sayangnya nga banyak pilihan dan harganya juga lumayan mahal dibanding aku belanja barang2 tersebut di Kebun Sayur Balikpapan, Akhirnya aku lebih suka belanja di Kebun Sayur Balikpapan, disana aku bisa menemukan barang2 yang aku cari.
Banyak pilihan dan bagus2 serta murah lagi... apalagi membeli dengan partai yang banyak, harga pun masih bisa di tawar lagi. Aku sampai menunjuk dua toko Assesories dan satu toko kain songket yang ada di Kebun Sayur Balikpapan untuk menjadi langgananku kelak. Mana tau ini bisa dijadikan ajang bisnis... sementara sih aku beli untuk oleh2 aja dulu buat keluarga dan teman2ku baik di kantor serta di sanggar senam.

Ternyata benar... banyak teman2ku (terutama teman2 senamku) yang suka dengan barang2 yang aku bawa dan aku bagikan untuk oleh2. Jadi ada juga beberapa teman yang memesan kembali barang2 yang aku bawa. Alhamdulillah.... aku bisa kembali menghubungi toko2 yang sudah aku tunjuk sebagai langgananku dan memesan barang2 tsb, walau tidak banyak aku memesannya... tapi semua barang2 yang aku pesan, habis terjual dan aku mengantongi keuntungan yang lumayan... bisa untuk ongkos ke Kaltim lagi nih, hehehe... padahal klo aku mau ke Kaltim lagi sih... tanpa mengeluarkan ongkos sendiri dah pasti bisa tuh, coz ada kakakku yang dermawan tersebut, hehehe... Tapi ini bukan aji mumpung kok.
Thanks ya kakak ku yang baik.... karena mu aku mendapatkan ini semua. Terima kasih Tuhan... KAU selalu memberikan aku kebahagiaan dan berkah MU, terima kasih....
Kesenanganku di kota Samarinda mengalahkan segalanya, aku nga peduli dengan teriknya panas udara Samarinda, aku tetap menikmati kota tersebut, kota yang terkenal dengan kerajinan tangan orang Dayak nya, seperti Tas, Kain, dll yang di sulam dengan rapih dan indah.
Usai belanja di Citra, aku melanjutkan perjalanan kembali ke Balikpapan, tadinya sih pingin sekalian jalan ke Tenggarong... tapi waktu tidak memungkinkan aku datang kesana, karena esok aku harus kembali lagi ke kota ku dengan pesawat siang hari, aku takut terlambat nanti jika aku menginap di Tenggarong atau Samarinda, jauh banget sih dari Bandara Balikpapan... ok.. maybe next aku bisa berkunjung ke Tenggarong... pingin sih melihat peninggalan Kerajaan Kutai disana.

Tak terasa waktu cepat berlalu... dan tak terasa juga klo cacing2 diperutku mulai menari... ternyata aku belum makan siang, aku terlalu asyik menikmati jalan2 di kota Samarinda, aku juga merasa kenyang dengan makanan2 yang aku beli tadi di tengah perjalanan ke Samarinda, baru sore hari aku merasakan lapar, hehehe..

Akhirnya aku sempat menikmati makan siang yang tertunda di RM Godong Gedang, Rumah makan lesehan dengan saung2 yang lumayan asri di tengah jalan. Selama menunggu makanan aku menikmati irama musik gending jawa... serasa di Jawa deh bukan di Kalimantan, hehehe...
Makanan yang ada pun khas Jawa, seperti gudeg krecek, nasi pecel, dll. Tapi ada juga sih sea food, seperti cumi, ikan, dll. Lumayan juga rasa masakannya, tapi masih kalah sih dengan masakanku... hehehe... Yang jelas, aku benar2 menikmati keberadaanku di kota Samarinda.
Setelah puas... aku kembali melanjutkan perjalanan ke Balikpapan, dan masih sempat beli kerupuk kamplang kuku macan, kesenangan putriku dan teman kantorku. Kembali ke balikpapan, aku menikmati lagi malamnya kota Balikpapan. Aku sempat juga membeli Pisang gapit di daerah jajanan seperti pujasera, karena berbagai makanan ada disana dan tempatnya di pinggir pantai...duduk2 lesehan diantara remang2 lampu kota. Hehehe... lumayan romantis sih tempatnya, aku lihat banyak juga pasangan yang duduk2 sambil makan dan bercanda ria. Jadi teringat masa muda deh.... hehehe... sayangnya aku nga ikutan duduk2 disana, karena badan dah terasa penat sekali dan juga lengket karena belum mandi... tapi nga bau BB loh.... hehehe...

Tiba di hotel, aku langsung mandi dan istirahat deh... capek banget.. tapi puas dan bahagia karena semua sudah sempat aku kunjungi dan barang2 yang aku inginkanpun sudah aku dapati semua. Thanks GOD !!

Esoknya, dengan pesawat yang sama LION aku kembali ke kotaku. Alhamdulillah kali ini perjalanan ku ke Balikpapan tidak ada delay, biasanya LION suka delay deh apalagi klo perjalanan ke Yogya, wah bisa dapat delay yang panjang tuh sampai 3 - 4 jam, dan cuma dapat delay service... Bihun Goreng... hehehe... waktu menunggu sekian lama karena kesalahan maskapai, hanya dihargai dengan seharga Bihun Goreng.... capee deh... !!.

Dalam perjalanan aku menikmati dengan tidurku, rasa cape baru terasa ditubuhku. Aku benar2 menikmati waktu perjalanan selama 2 jam di udara dengan tidurku dan mimpiku yang indah.
Alhamdulillah... akhirnya aku tiba dengan selamat kembali di kota Jakarta. Dengan Travel Car yang sudah aku booking saat keberangkatan, aku melanjutkan perjalanan ke kotaku tercinta.

Ach... rasanya aku bahagia sekali bisa menikmati liburanku di pulau Kalimantan. Kebahagiaanku bertambah saat aku jumpa teman senamku di Bandara Soekarno Hatta dan sama2 menanti Travel Car dan satu Travel Car dengannya. Sepanjang jalan, kami asyik ngobrol... dari mulai pekerjaan, senam, dan kehidupan... sampai tidak terasa aku sudah tiba di kotaku dan tiba di rumahku.

Tuhanku... terima kasih atas nikmat yang telah KAU berikan padaku, terima kasih Tuhan....
Aku kembali berkumpul dengan putri2 tercintaku dan kembali dengan aktifitas rutinku : Rumah --> Kantor --> Sanggar Senam / Gym --> Rumah lagi.

Bahagianya hidupku, inikah berkah yang ku terima dalam kesendirianku...?? Tuhanku... jangan KAU cabut kebahagiaan2 ini dari hidupku, amiiin....

Catatan :
Pulau & kota diluar Jawa yang pernah aku kunjungi untuk berlibur adalah ;
Batam --> Jembatan Balerang, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Batu, Tanjung Pinang --> Pulau Bintan, Pekan Baru --> Dumai. Pulau & kota2 yang indah, yang pernah membawa banyak kesan suka & duka dalam kehidupanku. Ohya friends, aku ingin juga bisa mengunjungi pulau Kalimantan --> Banjarmasin. Aku ingin melihat pasar terapungnya, juga ingin shooping ke Martapura.