Sabtu, 25 April 2009

Yogya Lagee.... Borobudur Temple

Pilleg diadakan tanggal 9 April 2009, hari itu dijadikan hari libur resmi, karena semua warga negara Indonesia harus mengikuti Pilleg. Bukan warga negara Indonesia yang baik klo dia memilih GolPut. Hak suara mereka sangat dibutuhkan oleh para Caleg2 yang sebagian besar sudah banyak menghabiskan dananya demi meraih sebuah impian.
Kasihan andai mereka yang sudah mengeluarkan dana besar untuk menjadi Caleg, lalu terkalahkan... Ach,,, hancur dan sia2 apa yang telah mereka lakukan saat ini. Sampai2 Rumah Sakit Jiwa pun di sediakan untuk menampung Caleg2 yang stress karena kegagalan.

Tuhan... begitu ambisinya mereka untuk menjadi seorang wakil rakyat ? apa yang ingin mereka raih Tuhan... apakah hanya kedudukan yang bagus, kesejahteraan yang terjamin, atau memang benar mereka akan mendengarkan semua inspirasi Rakyat kecil..?
Ach...! aku tidak peduli semua itu... aku hanya berharap semoga negaraku Indonesia selalu aman dan damai, Rakyatpun sejahtera. Bisa kah?... Insya Allah, amiiin.

Kali ini Pilleg ditempatku tidak seperti 5 tahun yang lalu. Pilleg kali ini agak sepi, karena para panitia mungkin malas atau kelupaan untuk mendata ulang warganya, sehingga banyak warga yang tidak mendapat surat panggilan untuk Pilleg / Contreng. Melainkan banyak nama warga yang sudah tidak ada orangnya malah mendapat surat panggilan, hehehe.... salah siapa kah?

Sudahlah... itu urusan Pilleg. Aku tidak ingin lagi membahas tentang Pilleg, yang jelas aku sudah menjalankan tugasku sebagai warga negara yang baik dengan memberikan hak suaraku.
Sekarang aku hanya ingin berbagi cerita pada teman2 tentang Liburan ku kembali di Yogya.

Yogya ? kok Yogya lagee... ? kenapa Liburan ku ke Yogya lagi...??
Entahlah... Aku sepertinya termagnit untuk kembali ke Yogya, Sesuatu akan aku temukan disana, sesuatu akan aku rasakan disana... Yang jelas... kebahagiaanku hadir kembali dengan adanya liburanku kembali di Yogya.

Dengan dijemput dan diantar seorang teman yang baik hati (Karena sejak Ramadhan 2008 sudah tidak ada lagi bus Damri dari kotaku ke Bandara, bingung deh... untung ada teman baik), aku berangkat ke Bandara Soekarno Hatta jam 08.00 pagi pada tanggal 10 April 2009. Jam 10.00 aku sudah tida di Bandara, masih ada waktu untuk berbincang-bincang dengan temanku tsb sambil menunggu waktu check in ku jam 13.00.
Tepat Jam 13.00 aku check in dan langsung Boarding karena pesawat (LION Air) yang akan aku naiki akan di berangkatkan jam 13.10, sangat disayangkan ternyata pesawat delay 45 menit dari schedule pemberangkatan. Kesal juga sih,,,, bete menunggu... dan aku juga membayangkan temanku yang juga sudah menungguku di Bandara Adi Sucipto, pasti juga bete menunggu kedatanganku.
Tapi apa mau dikata... keadaan yang membuat seperti itu dan aku harus tetep menikmatinya.
Untung temanku yang menjemputku di Bandara Adi Sucipto juga sabar menungguku, Thanks ya friends... ^_^ .

Tepat jam 14.00 pesawatku diberangkatkan dan dengan waktu satu jam aku sudah tiba di Bandara Adi Sucipto dan jumpa dengan teman yang menjemputku dan yang akan menemani aku selama di Yogya.
Temanku ini selain seorang karyawan sebuah perusahaan di Yogya, dia juga memiliki Usaha Free Lance Tourism, dia sering membawa touris2 asing yang datang berkunjung ke Yogya untuk mengetahui kota Yogya dan sekitarnya. Aku yakin... pasti aku juga akan dibawa ketempat-tempat yang belum aku kunjungi di Yogya, terutama Kaliurang dan Borobudur.
Ini liburanku ke Yogya yang ke empat kalinya, aku memang belum sempat singgah di Kaliurang dan Borobudur, aku ingin banget tau kemegahan candi Borobudur yang pernah aku dengar saat aku masih kecil, termasuk 7 keajaiban dunia.

Sebelum aku mengunjungi Kaliurang, aku minta temanku tsb untuk mengantar aku ke Mall Ambarukmo untuk membeli sesuatu yang tertinggal di rumahku. Sekalian makan siang yang tertunda. Sekeluarnya aku dari Mall, waktu sudah menjelang Magrib. Selanjutnya aku diantar temanku ke Kaliurang untuk stay night disana.
Kaliurang hanya sebuah Wisata Taman, tempatnya memang sejuk dan cocok untuk beristirahat, walau menurutku tidak begitu menarik apalagi dengan peraturan retribusi yang tidak jelas, seperti yang aku alami, saat masuk ke daerah kaliurang kami harus membayar retribusi, kemudian kami turun ke kota untuk jalan2 atau mencari makan, lalu kami kembali ke Kaliurang lagi melewati gerbang yang sama, pasti kami akan diminta lagi retribusi. Jadi dalam sehari klo kita bolak balik / naik turun kaliurang - kota, maka beberapa kali juga kami harus membayar retribusi, padahal kami juga sudah menunjukan bahwa kami menginap di daerah kaliurang untuk beberapa malam. Tetep, petugas nga mau tau dan kami harus membayar retribusi lagi, setiap kali masuk daerah kaliurang tsb. Iiich.... Sebel deh !! Bukan masalah uang retribusinya sih, tapi aturannya itu yang nga jelas. Temanku yang orang Yogya aja bingung dan sebel ^_^. Semoga aja hal ini bisa dibenahi oleh yang berwenang, supaya pengunjung merasa nyaman, tidak terbebani dan ingin selalu kembali ke Kaliurang.

Akhirnya aku bisa menikmati ketenangan dan kesejukan Kaliurang, yang selama ini hanya ada dianganku saja, seperti apa sih Kaliurang?
Suasana sepi dan tenang membuat aku bisa istirahat dengan nyaman. Dan esoknya aku terbangun dengan badan terasa segar dan siap untuk memulai penjelajahan kota Yogya dan sekitarnya.
Diawali dengan sarapan nasi Soto daging sapi yang enak banget, plus bakso kuah (rakus banget ya... maklum sarapannya sudah menjelang siang ^_^), entah didaerah mana aku lupa... pokoknya nikmat banget, dibanding makan malamku di Kaliurang dekat area penginapanku. Kami melanjutkan perjalanan ke daerah kaki bukit gunung merapi, yang
udaranya sangat sejuk aku rasakan dan wuaah... seger banget deh, dikotaku nga ada udara seperti ini, yang ada puanas dan gerah BanGeT, hehehe.... aku diantar temanku ke "Ketep Pass". Wow !! tempat wisata yang cukup indah, dimana kita bisa menghirup udara yang sejuk dan segar, kita juga bisa meneropong "Gunung Merapi", mengetahui Pesona Gunung Merapi dengan menonton Film yang ditayangkan di Ketep Volcano Theatre. Juga bisa melihat-lihat apa yang telah terjadi pada Gunung Merapi melalui Mesium Gunung Merapi yang berada di gedung itu juga.

Pesona Gunung Merapi, Kesan pertama dari Gunung Merapi adalah letusannya yang sering terjadi, periode letusan 2 - 7 tahun. Intensitas letusan dan kepadatan penduduk menyebabkan Gunung Merapi menjadi unik baik pesonanya maupun bahaya awan panasnya. Gunung Merapi terbentuk pertama kali sekitar 60.000 - 80.000 tahun yang lalu, namun dokumen kegiatan baru dicatat pada tahun 1791. Daya pikat berupa keindahan matahari terbit di pagi hari, Jajaran Gunung Ungaran, Telomoyo dan Merbabu dapat dinikmati saat berwisata ke Puncak Gunung Merapi.

Gunung Merapi, walau dia memiliki amarah yang dasyat... letusannya membuat banyak korban, awan panasnya membuat banyak orang merasa takut, tapi dia memiliki daya pikat dan pesona keindahan Gunung Merapi yang sangat dikagumi banyak orang.
Aku senang.... senang banget bisa berkunjung ke tempat ini. Sungguh aku tidak pernah mengira klo temanku akan membawa aku ke tempat yang indah ini. Aku hanya menyerahkan semua acara liburanku padanya... yang penting buatku jangan sampai terlewati tempat wisata yang ingin aku kunjungi yaitu Candi Borobudur.

Setelah aku puas di Ketep, kami melanjutkan perjalanan ke kota Magelang untuk mewujudkan keinginanku melihat Candi Borobudur.
Udara di kota Magelang sangat berbeda dengan daerah ketep, panas banget dan gerah... kami tiba di lokasi Candi Borobudur (15.30) disambut dengan udara yang sangat panas, tapi asyik... aku tetep semangat karena aku sudah melihat kemegahan Candi Borobudur, aku ingin segera menaiki candi itu dan ingin melihatnya lebih dekat.
Tapi berhubung udara sangat panas... temanku mengajak aku untuk istirahat dulu di sebuah Taman sambil menunggu udara sore menjelang. Sayangnya kami duduk2 di taman tanpa diperbolehkan membawa makanan atau minuman. Barang bawaan kami (makanan dan minuman) di sekap dibagian penyimpanan barang dan tidak boleh dibawa masuk ke area Candi. Walhasil aku kehausan karena panas banget... Tapi karena keinginanku yang sangat besar untuk menaiki Candi Borobudur, maka rasa haus pun hilang tergantikan dengan kebahagiaanku yang tak terkira karena akhirnya aku bisa datang dan melihat Candi Borobudur lebih dekat (16.00), Thanks God, aku merasakan begitu besar kekuasaanmu.... Subhanallah..!!

Aku menikmati Candi Borobudur dengan segenap hatiku. Aku bahagia dan sangat bahagia... hingga tak terasa waktu telah bergulir menjelang gelap dan para pengunjung Candi pun diminta untuk turun dan keluar dari Area Candi, karena pintu2 Candi akan di tutup (17.30).
Dengan sedikit berat hati aku menuruni tangga2 Candi, sebetulnya aku ingin banget merasakan suasana dan udara malam hari di Candi Borobudur, seperti apa ya ? Apakah suasananya mengasyikkan atau menyeramkan ? Yang jelas, udaranya pasti dingin.

Turun dari Candi Borobudur, aku sempat shooping pesanan puteri2ku di pasar yang ada di sekitar Candi, dan perjalanan dilanjutkan kembali ke Kaliurang, stay night disana lagi dengan tempat yang berbeda. Sempat makan malam di Buffee Resto, tapi sayangnya menu sudah sepi seperti suasana Resto yang sepi... Duh, rasanya makan malamku kali ini nga nendang nih.... hehehe.... Btw, tetep aku nikmati sih. Thanks ya friend... hari ini kamu telah memberikan aku sejuta kebahagiaan, dengan terwujudnya impianku ke Candi Borobudur.

Tiba di Kaliurang kembali, aku istirahat melepas lelah seharian jalan2. Rasanya nyenyak sekali tidurku. Sampai aku terbangun hari sudah menjelang siang. Aku cepat2 mempersiapkan diriku kembali karena temanku akan membawa aku jalan2 lagi ke Tamansari (tempat Pemandian Permaisuri & Putri Raja). Menuju perjalanan ke Tamansari kami sempat singgah untuk makan dulu di Buffee Resto Visco, di Resto ini menu makanan sangat lengkap dan aku senang memilih makanan yang aku suka. Sambil menikmati makan pagi sekaligus makan siang, temanku mengutarakan schedule perjalanan liburanku di hari terakhir. Ach... rasanya cepat sekali waktu berlalu... hari ini aku liburan terakhir di Yogya, esok aku harus kembali pulang ke kotaku.
Aku nga ingin kehilangan sedikitpun waktu yang tersisa, aku benar2 ingin menghabiskan hari ini dengan kebahagiaanku seperti kebahagiaanku di hari kemarin.

Panas terik meliputi kota Yogya, tapi aku tidak mempedulikannya, mungkin memang Yogya sedang musimnya panas. Aku tetep ceria memasuki Tamansari.
Sebetulnya di Tamansari tidak ada hal2 yang menarik, hanya sisa kerajaan dan sejarahnya saja. Ada kolam pemandian Permaisuri dan putri2 Raja, ada kamar dimana Raja melihat sang Permaisuri dan putri2nya mandi, ada tempat Sauana, ada sumur yang konon katanya airnya mengalir sampai ke Laut Selatan, ada mesjid di bawah tanah yang berbentuk lorong2 memanjang. Sisanya adalah puing2 gedung yang sudah ambruk karena memang termakan sejarah atau karena adanya Gempa di kota Yogya.
Di tempat2 seperti Tamansari ini, sekalipun sudah tidak ada yang menarik tapi masih banyak dikunjungi Touris2 asing dan pribumi yang tertarik akan sejarahnya tempat itu.

Setelah puas aku mengelilingi Tamansari... kami melanjutkan perjalanan terakhir yaitu membeli oleh2 khas makanan Yogya (Bakphia, getuk, dll) langsung ke Pabriknya dan temanku mendapatkan harga khusus alias discount walau tidak banyak, hehehe.... discount kok pinginnya banyak... gratis aja sekalian ^_^. Aku juga sempat melihat bagaimana cara membuat bakphia, dll.
Setelah membeli oleh2 makanan khas kota Yogya, kami melanjutkan perjalanan ke Maliboro. Disana aku shooping berbagai pesanan putri2ku. Wow....!! senang sekali aku shooping di Maliboro, selain harganya murah2 juga banyak pilihan. Aku hampir gelap mata, untung temanku mengingatkan bahwa semua pesanan sudah terbeli, sehingga aku harus menghentikan lapar mataku, hehehe.... Saking asyiknya sampai tak terasa waktupun sudah gelap dan hujan turun dengan derasnya, padahal tadi siang panasnya minta ampun deh.
Kami langsung memutuskan kembali ke tempat peristirahatan. Dimobil baru terasa betapa capek nya kakiku, aku nga membayangkan pasti temanku lebih capek lagi... selain dia menyetir mobil, dia juga kan yang mengantar aku kesana- kesini. Duh kasihan... tapi sepertinya temanku senang melakukan itu semua... dia ikhlas melakukan itu semua untuk aku. Thanks ya friends... kamu merasa senang klo melihat aku senang. One more I says, Thanks for you my best friends.

Tiba di tempat peristirahatan (masih di Kaliurang), aku langsung merebahkan tubuhku yang capek di tempat tidur sambil menggantungkan kedua kakiku menempel ke dinding. Ibu pemilik penginapan yang ramah, mengirimin aku makanan ringan dan teh manis hangat. Thanks ya bu... ini memang yang aku inginkan... minum teh hangat disaat lelah.
Sejenak setelah melepas lelah, aku mulai packing barang2 bawaanku juga barang2 belanjaanku. Lalu membersihkan tubuhku dan istirahat sambil nonton TV.
Ach... rasanya nikmat sekali, tapi aku merasa sedih juga sih... karena esok aku harus sudah kembali ke kotaku lagi.

Aku mengenang kembali hari2ku selama di Yogya, aku bahagia dan rasanya enggan aku untuk kembali ke k0taku. Tapi.. aku sadar, ada yang menunggu aku disana dan sangat mengharap kepulanganku, dia putri2 tercintaku... aku pun kangen pada mereka " I Love you all my sweeties ".

Senin, 13 April 2009 (take vocation-monthly).
Pagi menjelang siang, aku bangun dan mempersiapkan diri untuk kembali ke kotaku. Sebelum ke Bandara Adi Sucipto, aku diajak temanku berkunjung ke rumah sahabatnya. Disana kami makan pagi bersama. Aku senang jumpa dengan orang2 yang baik dan ramah. Aku senang berada diantara mereka. Aku melanjutkan perjalanan ke Bandara dengan diantar juga sahabat temanku, tiba di Bandara Adi Sucipto aku masih memiliki waktu 30 menit untuk bersama mereka. Setelahnya... dengan berat hati, aku harus meninggalkan mereka teman2 yang baik hati. Aku harus check in dan boarding karena pesawatku akan diberangkatkan jam 11.35.

Di boarding room, aku duduk sendiri dan mengingat kebahagiaanku selama di Yogya. Ach... Yogya, akankah aku kembali lagi kesini... untuk mengunjungimu lagi dan juga untuk merengkuh kembali kebahagiaanku disini. Semoga....

Waktu sudah menunjukkan pukul 11.35, tapi tidak ada tanda2 pesawat (LION Air juga) yang akan menerbangkan ku ke Jakarta telah tiba. Ternyata... delay lagi, dan kali ini delay sampai 3 jam.
Gila...!! baru kali ini aku mengalami 2 kali delay dalam perjalanan liburanku. Selama ini perjalanan liburanku kemanapun by Air Line, selalu lancar. tapi kali ini.... entah kenapa aku mengalami delay penerbangan. Ach... bete lagi deh... ! Aku berharap temanku masih ada di area Bandara, aku ingin memberitahunya klo pesawatku delay lagi. Sebelum aku memberitahunya, dia sudah menghubungi aku duluan, lalu aku ceritakan klo pesawatku delay selama 3 jam. Temanku dan sahabatnya yang baik kembali ke Bandara untuk menemaniku. Thanks GOD.... Thanks Friends... you are really the best my friends. Akhirnya aku tidak sendiri dalam penantian, aku masih bisa berbincang-bincang lagi dan bercanda dengan temans ku, sambil menyantap makanan delay service.

Jam 14.20 aku kembali ke boarding room, pesawatku akan di berangkatkan jam 14.30. Aku masih memiliki waktu 10 menit. Aku senang karena aku sudah melihat pesawat yang akan menerbangkan aku ke Jakarta telah tiba, kami semua siap2 untuk memasuki pesawat. Tapi ternyata... pesawat yang ada (B 556) bukan pesawat yang akan menerbangkan aku ke jakarta. Pesawatku (B 559) belum tiba dan delay lagi selama 30 menit. Capeee deh.... !!!
Aku memberitahu temanku klo aku delay lagi, tapi kali ini aku ingin menunggu aja di Boarding room, sambil ngobrol dengan passenger lain yang juga merasa kesal, ngerumpi deh... hehehe... Akhirnya jam 15.00 pesawatku diberangkatkan... tak lupa aku say good bye pada temanku, rasanya lega sekali sudah kembali di udara.

Tepat jam 16.00, aku tiba di Bandara Soekarno Hatta. Usai ambil bag aku dibagasi, perjalanan aku lanjutkan ke kotaku. Karena hari hampir gelap dan atas petunjuk temanku (yang mengantar aku ke Bandara SH saat keberangkatan, tadinya dia juga akan menjemputku tapi karena pesawatku delay cukup lama sehingga dia tidak bisa menjemputku lagi), kali ini aku naik bus Damri ke Slipi biasanya aku naik ke Tg. priuk, ternyata ke Slipi lebih cepat dan lebih dekat, aku juga tidak lama menunggu bus yang akan ke kotaku. Jam 17.00 aku sudah berada di dalam bus, AC lagi...
thanks GOD...! Aku bersyukur perjalanan ke kotaku lancar, dan jam 20.00 aku telah berkumpul kembali dengan putri2ku tercinta in my castle - home sweet home.
Aku mengabarkan keberadaanku pada teman2ku yang care padaku, dan mereka pun senang aku sudah berada kembali di rumah dengan selamat. Thanks ya friends....

Usai membersihkan diri dan merapihkan semua bawaanku. Aku kembali pada aktifitasku... my room, my PC and my Hp, that's my true friends. Mereka teman2 setiaku yang menemani hari2ku baik dalam keadaan sedih maupun senang ^_^, Mereka lah yang mewarnai hidupku, tanpa aku melupakan siapa yang lebih berjasa mewarnai hidupku....
Thanks GOD !!

Esoknya, aku kembali dengan routine aktifitasku My Office - Working again, Aerobic, etc.
Kebahagiaan selalu bersamaku. Aku bahagia berada diantara orang2 yang menyayangiku, yang care dan perhatian padaku. Aku bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh NYA untuk ku. Thanks GOD, thanks for all.

Temans,
Itu ceritaku kembali Liburan di Yogya. Asyikkan...?? walau masih banyak sih tempat2 yang belum aku kunjungi, seperti Candi Boko - ada pesona sunset yang indah disana, Kampung Nelayan - bisa barbeque see food ditepi pantai, pasti Romantis banget tuh, Imogiri - makam Raja2, Wihara Budha, ohya.. Candi Roro Mendut, aku juga belum sempat kesana tuh, dll.

Jika kalian ada rencana untuk berlibur ke Yogya dan sekitarnya, baik secara personnel, family maupun rombongan, bisa deh memakai jasa Free Lance Tourism temanku, Aku jamin... kalian akan merasa puas dan senang akan pelayanan jasa nya, atau Yuuk... joint kembali Liburan ke Yogya bersamaku juga boleh... ^_^.
Hubungi aku jika ada yang berminat memakai jasa Free Lance Tourism, jangan khawatir harga Jasa Pelayanan negosiable kok.

Tidak ada komentar: