Minggu, 15 Februari 2009

Artikel Sex : Bentuk & Variasi Selaput Dara

Ooo..Ternyata Selaput Dara Bervariasi






Jenis selaput dara berdasarkan bentuknya. Dari kiri ke kanan : Annular, Septate, Cibriform, Introitus.


SETIAP manusia memang dilahirkan berbeda. Perbedaan itu tampak nyata dan mudah ditemukan dari banyak hal, mulai dari jenis kelamin, wajah, hingga hal-hal yang tersembunyi sekalipun.

Berbicara mengenai perbedaan dari hal tersembunyi, organ reproduksi adalah salah satu di antaranya. Pria dan wanita jelas berbeda baik dari bentuk dan fungsi organ reproduksinya.

Pada wanita, perbedaan itu pun masih dapat dilihat hingga ke salah satu bagian luar dari organ genital yakni selaput dara.

Rasanya, masih sangat kental dalam budaya masyarakat kita bahwa selaput dara adalah salah satu penanda keperawanan atau virginitas seorang wanita. Yang patut disayangkan, kesalahan serta kurangnya informasi akurat mengenai bagian organ genital wanita ini masih sering terjadi dan kerap kali merugikan posisi para Kaum Hawa.

Salah satu informasi yang sering keliru atau bahkan tak banyak orang tahu adalah bentuk selaput dara wanita yang tidak seragam atau sama bentuknya. Dengan mengetahui fakta bahwa bentuk selaput dara bervariasi diharapkan dapat mengubah persepsi serta meluruskan anggapan yang salah tentang organ kewanitaan ini.

Seperti dituturkan pakar Obstetrik Ginekologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Suryono Slamet Iman Santoso, SpOG, selaput dara wanita memang berlainan dan memiliki lubang atau pori yang bentuknya bervariasi. Derajat kelembutan dan fleksibilitas selaput yang juga disebut "hymen" ini pun berbeda-beda.

"Selaput dara ini mempunyai banyak bentuk, mulai dari bentuk annular, ada yang bersepta-septa dan ada juga yang cibriformis atau berlubang-lubang. Karena bentuknya selaput, pendarahan pada bagian ini biasanya sedikit. Nah, inilah yang biasa suka mengeluarkan darah saat melakukan seks pertama. Tapi belum tentu semua wanita akan begitu," ungkap dr Suryono dalam talkshow "Seksualitas di Indonesia : Tabu atau Perlu?"

Dokter yang juga menjabat Ketua Perkumpulan Obstetrik Ginekologi Indonesia (POGI) ini menjelaskan, bila seorang wanita memiliki bentuk selaput annular yang wujudnya sangat tipis, maka kemungkinan besar ia tidak akan mengalami pendarahan sama sekali pada saat hubungan seks pertamakali. Dengan fakta ini pula, sebagian dari mitos tentang darah keperawanan sebenarnya dapat diluruskan.

Selain jenis yang tipis dan berlubang, ada pula wanita yang bagian selaputnya tidak memiliki lubang sama sekali atau juga disebut "impervorate hymen". Jenis ini adalah suatu kelainan genetika dan seorang wanita biasanya akan kesulitan saat memasuki masa menstruasi.

"Ini adalah kelainan kongenital atau bawaan sejak lahir. Akibatnya seorang wanita tidak menstruasi dalam jangka waktu lama, padahal ia sebenarnya haid tapi darahnya tertahan di dalam vagina dan bisa menimbulkan tumor. Angka kejadiannya di Indonesia cukup banyak ," ungkap dr Suryono.

Setelah seorang perempuan mengalami menstruasi yang pertama kali, lubang pada selaput dara dapat bertambah lebar. Namun yang pasti, setelah robek atau terkoyak selaput dara tidak dapat dikembalikan menjadi utuh seperti semula.

Dr Suryono menekankan meskipun ada dokter ahli yang mengklaim dapat memulihan atau memperbaiki selaput dara, hal itu sebenarnya dilakukan demi memulihkan truma mental dan psikologis pasien saja.

"Karena sangat tipis dan tidak ada pembuluh darahnya, selaput dara tidak bisa direpair. Jadi tak bisa dikembalikan lagi menjadi perawan," ujarnya.

Kalaupun dilakukan tindakan operasi, kata Dr Suryono, tentu selaput daranya tidak diperbaiki. Dokter biasanya hanya melakukan tindakan seperlunya hanya untuk meyakinkan dan mengembalikan kepercayaan diri pasien.

"Sebetulnya bila semua orang sudah memiliki pemahaman tentang selaput dara, operasi memang sama sekali tidak diperlukan," tandasnya.

Tipe Hymen berdasarkan bentuk :
Annular hymen; selaput melingkari lubang vagina.
Septate hymen; selaput yang ditandai dengan beberapa lubang yang terbuka.
Cibriform hymen; selaput ini juga ditandai beberapa lubang yang terbuka, tapi lebih kecil dan jumlahnya lebih banyak.
Introitus : Pada perempuan yang sangat berpengalaman dalam berhubungan seksual, bisa saja lubang selaputnya membesar. Namun masih menyisakan jaringan selaput dara.
(Sumber : Jakarta Seminar ).


Friends (khusus teman wanita, untuk teman pria just for info n forward to your patner),


Jika ingin memiliki rasa percaya diri dengan adanya selaput dara yang tetap sempurna, mari kita coba bersama suggest ku ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Operasi selaput dara sama sekali tidak diperlukan. Maka solusi yang kita ambil adalah lebih baik kita memperbaikinya sendiri dengan memperkuat otot2 Vagina dengan cara " senam kegel ".


Senam kegel ada dalam senam BL (Body Languange). Senam ini fungsinya untuk mengencangkan otot2 Vagina. Dengan kita selalu latihan contraction / penekanan pada perut (1,2, & 3) dengan secara otamatis itupun akan melatih otot2 Vagina kita menjadi kuat akan jepitannya.

Vagina kita itu elastis, sehingga jika kita rajin melatihnya dengan senam kegel, maka... sekalipun dia sudah bukan perawan bahkan wanita sudah melahirkan anakpun, maka rasa yang akan di dapat sangat beda... dan kenikmatan yang diperoleh tidak jauh beda saat Malam Pertama ^_^.


Latihan senam kegel ini bisa kita lakukan dengan berbagai cara yaitu :

- Dengan cara duduk dikursi, dilantai, dll

- Dengan cara berdiri, posisi berdiri bagaimanapun bisa kita lakukan.

- Dengan cara berjalan

- Dengan cara saat buang air kecil dengan sedikit2 menahannya.

- dll.


Friends,

Latihan ini bisa dilakukan dimanapun. Saat kita sedang duduk meeting / ngobrol dengan teman, saat kita berdiri baik di halte bus, di dalam bus, berdiri dengan santai sambil berbincang-bincang, berjalan sendiri / ramai2, dll.

Don't worry.... Latihan ini bisa kita lakukan tanpa gerakannya diketahui oleh orang lain. Apalagi jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, sehingga dengan reflek pasti kita akan melakukannya dimanapun dan dengan kegiatan apapun.


Yuuuk kita mulai berlatih...

Pegang prinsip : " Biar muka kaya setan...tapi rasa kaya ketan ", hehehe


Tidak ada komentar: