Sabtu, 10 Oktober 2009

Holiday Lebaran : Bekasi - Jakarta - Klaten - Yogya

Tak terasa waktu berlalu begitu cepat. Ramadhan pun akan berakhir dan tergantikan dengan Idul Fitri… hari yang suci, dimana semua hamba2 Allah saling membersihkan diri dengan bermaaf-maafan.

Idul Fitri tahun ini serempak… dan maju satu hari dari hitungan tanggalan pemerintah. Semula Idul Fitri ditentukan tgl 21 – 22, ternyata dimajukan menjadi tanggal 20 – 21 September 2009. Uuuh… senang sih Lebaran menjadi awal, tapi sayangnya cutiku jadi berkurang deh, karena Perusahaan tempatku bekerja, menentukan bahwa tanggal 22 September 2009 adalah hari kerja bukan libur (berdasarkan SK menteri Agama…. ??).

Tapi kebahagiaan datangnya hari Idul Fitri tidak mengurangi rasa bahagia kami, dimana aku dan keluarga adik2ku berkumpul menjadi satu di rumahku untuk merayakan hari raya Idul Fitri.

Kami bahagia dalam kebersamaan… kami berbuka puasa akhir bersama di rumahku dan juga bertakbir bersama. Kebahagiaan milik kami, walau terasa sedih juga karena kami sudah tidak ada lagi Mama & Bapak yang kami cintai. Semoga Allah menerangkan kubur Mama dan Bapak kami, Melapangkan kuburnya, mengampuni semua dosa2nya dan memberikan tempat yang layak di sisi NYA untuk Mama & Bapakku, amiiin....

September 20, Hari Raya Idul Fitri... Minal Aidin walfaidin... Mohon maaf lahir dan batin. Kami mengikuti sholat Idul Fitri di Mesjid Agung dekat rumahku, usai sholat Idul Fitri, kami saling bermaaf-maafan (sungkem), aku menggantikan Mama & Bapakku, karena aku anak tertua dari 4 saudaraku. Suasana haru dan bahagia... kami menjalaninya bersama. Usai sungkeman, kami makan bersama ketupat sayur dan emping (buatan adik pertamaku), rendang sapi (buatan aku), opor ayam (buatan adik keduaku) dan sambel kentang hati (buatan adik bungsuku). Nikmat sekali rasanya makan hasil karya bersama.... hehehe.... Mamamia Lezato...

Usai makan2, kami berziarah ke makam Mama & Bapak, dilanjutkan bersilaturahmi kepada saudara2 yang ada di kota kami, hingga petang.

Keesokan harinya... (September 21) aku dan anak2, ikut bersama adik2ku ke Bekasi dan Jakarta untuk bersilaturahmi juga dengan keluarga yang ada di sana.

Aku, anak2ku dan kel. adik keduaku menginap di Bekasi di rumah adik bungsuku, dan adik pertamaku serta keluarganya menginap di rumah kakak iparnya.

Walau kami terpisah... tapi kami tetap bersama-sama bersilaturahmi ke rumah2 family yang ada di Kemayoran, Cempaka Putih, Percetakan Negara, Pondok Cipta – Bekasi. Selama tinggal di rumah adikku di Permata Harapan Baru Real Estate Bekasi, tidak lupa kami juga menyempatkan diri untuk jalan2 ke MOI (Mall Of Indonesia) dan ke Cempaka Mas. Kebahagiaan masih bersama kami, walau ada sedikit selisih paham yang terjadi diantara kami, maklum semua merasa cape dan tidak stabil. GOD forgive us !!

September 24, aku dan anak2 berlibur ke Yogya.

Dengan Garuda Airline (11.30), kami terbang ke Yogya kota gudek dimana kedua putriku belum pernah datang berkunjung kesana.

Tepat jam 13.00 kami tiba di Bandara Adi Soecipto Yogya, keterlambatan dikarenakan adanya perubahan Boarding Room. Setiba di kota Yogya, kami disambut oleh temanku dan kami menunggu family dari Klaten yang akan menjemput kami untuk tinggal di Klaten.

Jam 14.00, family yang menjemput kami tiba dan kami melanjutkan perjalanan ke Klaten, sebelumnya kami singgah dulu di Baby Shop (cari kado - ada family yang melahirkan), lalu ke Rumah Sakit and Rumah Bakso (pingin yang seger2 nih...).

Akhirnya kami tiba di rumah Klaten jam 18.00, senang bisa jumpa kembali dengan orang tua angkatku. Mereka menyambut kami dengan suka cita. Kami bahagia berada dalam lingkungan orang2 yang penuh kasih dan sayang.

September 25, menjelang siang aku dan anak2 diajak jalan2 ibu dan bapak angkat ku ke pasar Pedan dan sekitarnya. Dirumah klaten akan ada acara “Sembahyangan”, sehingga kami belanja untuk mempersiapkan acara tsb.

Acara sembahyangan dilakukan malam hari jam 21.00, sebelumnya kami sempat diajak ke daerah Bobor, tempat family yang melahirkan tsb.

Sebelum acara dimulai, kami sudah tiba di rumah klaten dan acara cukup ramai dirumah.

Semua family hadir dan juga para tetangga yang akan sembahyangan.

Acara cukup khikmad...hingga usai, kebahagiaan masih terpancar di wajah2 mereka yang hadir. Kami pun istirahat karena rasa lelah dan esok aku dan anak2 akan memulai liburan kami ke Yogya.

September 26 (8.00), Aku dan anak2 diantar oleh family dan keluarganya ke Yogya. Aku sudah di booking kan tempat di hotel Citra Indah Yogya. Disana aku jumpa temanku lagi dan dialah yang akan mengantar aku dan anak2ku keliling kota Yogya. Disana pula aku berpisah dengan familyku yang mengantar...

“ Thanks ya Ibu, Bapak, Mas, mba... thanks for all my family at klaten, kebaikan kalian tidak akan pernah aku lupakan ”.

Usai menyimpan bag2 kami di hotel, kami melanjutkan perjalanan ke Prambanan, walau Prambanan masih belum selesai di renovasi akibat gempa, tapi kami Visitor sudah bisa masuk kedalam untuk melihat dan berfoto-foto di candi2 Prambanan. Bahagia dan suka citaku melihat putri2ku senang berfoto-foto di setiap sudut candi dan area sekitarnya.

Terik panasnya matahari yang sangat menyengat di kota Yogya, tidak kami rasakan... semua terhapus olah kebahagiaan kami.

Puas di Prambanan, kami melanjutkan perjalanan ke Ketep-kaki bukit gunung merapi. Wah,,, kini kami memasuki lokasi yang berudara sejuk sekali, walau dikaki bukit gunung merapi... udara sangat sejuk kami rasakan...Aach enaknya... udara panas Yogya tergantikan dengan udara yang sejuk ini. Putri2ku sangat bahagia, mereka begitu menikmati tempat yang sejuk dan indah ini. Ke-narsis-an kami tak pernah hilang... tidak ada moment / tempat yang tertinggal untuk kami berfoto, semua moment dan tempat, pasti kena cepretan camera kami :). Ku biarkan putri2ku beraksi dan menikmati itu semua.. toh aku sudah pernah menikmatinya sendiri di bulan Maret lalu... Bahagianya aku melihat putri2ku bahagia.... Thanks GOD !!

Puas di Ketep (kami juga sempat menonton film Volcano), kami melanjutkan perjalanan ke Magelang – Borobudur, tapi sangat disayangkan... kami terlambat sampai di tujuan 16.30, Candi Borobudur sudah tutup, kami tidak bisa masuk... kecewa banget... tapi masih ada hari esok, kami menyusun kembali perjalanan kami untuk esok harinya.

Akhirnya.. kami meninggalkan Candi Borobudur dengan berjanji akan datang kembali esok harinya.

Kami melanjutkan perjalanan ke Kaliurang untuk booking Hotel disana, karena kami tidak tau no telp Hotel2 yang ada disana dan di khawatirkan Hotel penuh karena eventnya Holiday, maka kami akan booking langsung Hotel di Kaliurang untuk esok malam.

Kami tiba di Kaliurang dan langsung ke Hotel yang pernah aku nginap saat aku ke Kaliurang Maret lalu. Ibu penjaga Hotel yang ramah masih tetep ramah dan baik hati menyambut kedatangan kami. Dia menjamu kami karena kebetulan event nya masih Lebaran sehingga banyak kue2 yang dihidangkan. Karena event nya juga masih Lebaran maka harga Hotel2 di Kaliurang pun ikutan naik hampir 100 %. Tapi tetep harga Hotel2 di kaliurang masih masuk katagori murah. Ibu penjaga hotel tersebut mengenalkan kepada kami Hotel anaknya yang ada di bawah Hotel ini yang harganya masih lebih murah, karena aku berpikir membantu juga usaha anaknya Ibu penjaga Hotel tsb maka aku memilih menginap di Hotel anaknya ibu tsb.

Kami diantar menuju Hotel yang dituju, Hotel kecil yang cukup apik dan bersih sama dengan Hotel si Ibu, cuma bedanya Hotel ini hanya memiliki 6 kamar yang disewakan, dan harga lebih murah 50 % dari harga Hotel si Ibu. Pemilik Hotel (putri si Ibu) pun sangat ramah, sehingga kami benar2 merasa nyaman untuk memilih stay di Hotel tsb.

Aku langsung membayar kamar Hotel tsb dan akan kembali esok malam setelah kami puas jalan2 lagi.

Usai urusan booking Hotel di Kaliurang, kami melanjutkan perjalanan ke Yogya kembali, tiba di Citra Indah Hotel jam 21.00, sebelumnya kami dinner dulu di sebuah rumah makan Buffee..

Sampai di kamar kami membersihkan diri, beres2 barang bawaan, bercanda sejenak dengan putriku dan istirahat... Have a nice sleep.... saking cape nya.

Esoknya, Jam 08.30 aku dan kedua putriku keluar Hotel rencana mau jalan2 ke Maliboro (pakai becak...asyik...), sambil menunggu temanku yang akan menjemputku kembali untuk jalan2. Karena masih pagi dan Maliboro belum buka, maka kami dibawa abang becak keliling area Maliboro dan ke tempat oleh2 Bakphia Patok 25. Ditempat oleh2 aku mengajak kedua putriku untuk melihat bagaimana kue Bakphia Patok dibuat. Lalu kami pun memilih beberapa oleh2 yang akan dibeli.

Usai membeli kami diantar abang becak ke Maliboro, disana sudah banyak yang buka... kami senang dan semangat sekali berbelanja di Maliboro... selain barang2nya unik juga murah2.

Putri2ku hanya mencari assesories dan tas aja, sedangkan aku... seperti biasa membeli kaos dagadu, daster2 batik untuk oleh2 family dan teman2 dekat.

Tepat jam 10.00 temanku call mengatakan dia akan on the way jemput kami di hotel untuk melanjutkan jalan2.

Kami segera kembali ke Hotel dan untungnya kedua putriku pun sudah puas berada di Maliboro.

Setiba di Hotel, kami prepare and packing, temanku datang... kami langsung check out dari Hotel dan melanjutkan jalan2 kami ke Parangtritis.

Panasnya udara pantai Parangtritis sangat menyengat kulit... pasir yang terinjakpun sangat terasa panasnya. Tapi semua itu tidak menyurutkan kebahagiaan kami, terutama kedua putriku... mereka begitu bahagia berada di tengah lautan lepas pantai Parangtritis. Kami juga menikmati suasana pantai Parantritis dengan berkuda dan berfoto-foto bersama.

Tidak terasa waktu semakin siang dan tepat jam 13.00, kami melanjutkan perjalanan menuju Magelang, kembali ke Borobudur. Panasnya kota Yogya sangat menyengat kulit, keringatan bercucuran, sekalipun ada AC dalam mobil yang kami naiki.

Tiba di Borobudur jam 15.00, kami melakukan sholat ashar lalu kami mulai aktifitas dengan menonton film asal usul Candi Borobudur, keluar dari Theatre kami mulai menaiki Candi Borobudur... ini yang kedua kalinya aku ke Candi Borobudur, sehingga aku hanya diam duduk dan membiar kedua putriku menikmati indahnya berada di candi Borobudur.

Jam 17.30 kami sudah diharuskan keluar dari area Candi, dan pintu2 Candi akan ditutup. Kami turun dan keluar dari area candi, tapi kami masih sempat berfoto ria di depan candi .... hehehe Narsis banget !

Usai sudah jalan2 kami dengan di akhiri shooping di toko2 yang ada di sekitar Candi, lalu kami melanjutkan perjalanan ke Kaliurang untuk stay disana.

Sebelum tiba di Kaliurang kami sempat membeli makan malam (nasi padang), tiba di Kaliurang hampir jam 21.00, Ibu pemilik hotel sudah menunggu dan menyiapkan kamar2 kami, tidak lupa juga ada welcome drink dan peyek kacang kesukaanku. Ach senangnya... Usai membersihkan diri, kami makan malam dan rehat menikmati tubuh yang pada penat akibat jalan2 tadi... tapi kami puas dan bahagia.

Esok harinya (September 28 – 09.30 ), kami check out dari Hotel tsb dan melanjutkan perjalanan kembali ke Yogya. Ini hari terakhir kami di Yogya dan kami harus kembali ke kota kami dengan pesawat Batavia jam 14.00.

Setiba di kota Yogya, karena waktu masih memungkinkan.. kami sempat diajak oleh temanku ke Ambarukmo Plaza, disana kami hanya windows shooping saja, sekalian aku mencari charges BB ku yang bermasalah.

Tepat jam 12.00 kami melanjutkan perjalanan ke Bandara Adi sucipto, setiba di Bandara aku langsung check in dan menyimpan bag2 kami dalam bagasi. Lalu aku kami keluar lagi untuk bersantai sambil menunggu waktu boarding. Tiba waktu boarding... kami masuk kembali dan say good bye with my friend... Thanks ya friend… terima kasih, kamu telah berbaik hati menemani kami selama di yogya, semoga kebaikanmu di balas oleh yang maha kuasa, amiiin….

Tiba di Boarding room, kami menunggu dengan harapan semoga pesawat tidak delay. Tapi harapan tinggal harapan… ternyata pesawat delay sampai 3 jam. Sebel banget deh… dan ini kebiasaan dari maskapai yang aku naiki. Aneh memang, klo perjalanan ke daerah jawa, selalu pesawat ini delay. Tapi klo keluar daerah jawa, aku tidak pernah merasakan delay… (???).

Walau dengan hati kesal dan sebal, kami tetap menunggu. Untungnya kami mendapat delay service Nasi Box, tidak seperti maskapai lainnya yang memberikan delay servicenya hanya berupa 1 buah burger / mie goreng.

Kami masih terhibur dengan adanya delay service, meski tak sepadan dengan waktu yang terbuang sia2 menunggu selama 3 jam.

Jam 17.30 kami memasuki pesawat dan jam 18.00 kami sudah berada di udara… ach rasanya tenang sudah bisa kembali ke kota ku tanpa adanya delay lagi (tadi 2x delay).

Jam 19.00 kami keluar dari ruang bagasi dan langsung mencari Taxi yang akan membawa kami ke kotaku. Sayangnya Taxi yang aku inginkan jarang yang mau keluar kota dengan alasan yang macam2. Aku benar2 merasa khawatir dan cemas melihat kedua putriku yang sudah cukup lelah. Banyak Taxi lain dan mobil2 gelap yang menawari jasanya mengantar kami, tapi aku tidak mau karena takut tidak nyaman dalam perjalanan (karena ketidakjelasan mobil yang kami tumpangi). Akhirnya dengan kesabaran dan sedikit emosi kepada pengurus Taxi yang aku maksud, aku mendapatkan juga supir Taxi yang mau mengantar kami. Alhamdulillah… walau dengan harga yang lebih tidak sesuai dengan biasanya (mengikuti aturan main di Bandara). Kami meninggalkan Bandara Soekarno Hata tepat jam 21.00.

Perjalanan yang melelahkan… kedua putriku sudah tertidur di dalam Taxi, sedangkan aku masih berusaha untuk tidak tertidur dan berbincang-bincang dengan supir Taxinya.

Jam 22.30 kami tiba di rumah. Kedua putriku langsung membersihkan badan mereka dan melanjutkan tidurnya karena esok mereka harus ke sekolah. Sedangkan aku masih tidak bisa tidur karena melihat rumah yang ditinggal selama 1 minggu, kotor dan berdebu.

Aku langsung beres2 dan bersih2 rumah sampai jam 3.00 pagi, untungnya aku masih cuti sehingga aku masih bisa menikmati istirahat / tidurku kembali usai anak2 berangkat sekolah.

Seharian aku gunakan untuk istirahat / tidur. Benar2 terasa nikmat sekali... rasa penat hilang dan yang tersisa moments indah saat kami Liburan di Bekasi – Jakarta – Yogya.

Ditambah lagi my servant kembali sore harinya setelah mengetahui kami sudah ada dirumah kembali. Bahagianya hatiku... karena aku esok bisa kembali bekerja dengan tenang karena sudah ada kembali yang mengurus rumah dan menemani anak2ku di rumah. Thanks God ....!! Terima kasih... atas karunia dan kebahagiaan yang telah KAU berikan padaku... terima kasih Tuhan...

September 29, aku kembali dengan aktifitasku di kantor, sanggar senam dan rumah (Online2). Semoga Kebahagiaan selalu bersamaku dan kedua putriku, amiin...

Next Holiday : Batam >> kedua putriku and then Bali >> aku, kedua putriku dan my servant. Ini janjiku…so..kudu nyiapin dana lagi euy…. :)